Bisnis Warung Makan Sederhana
Bisnis Warung Makan Sederhana

Bisnis Warung Makan Sederhana, Tips dan Modal Usaha

By On Sunday, January 21st, 2018 Categories : Peluang Usaha, Tips Bisnis

Bisnis Warung Makan Sederhana. Salah satu peluang usaha yang mudah dijalankan oleh siapa saja tanpa memerlukan pendidikan khusus yaitu memulai bisnis warung makan sederhana. Model bisnis yang telah berjalan ribuan tahun ini merupakan salah satu pilihan bisnis yang bagus dan selalu mempunyai prospek. Memulai bisnis kecil-kecilan seperti warung makan sederhana atau usaha di bidang kuliner ini sudah menjadi salah satu primadona pelaku bisnis saat ini. Modal usaha warung makan ini juga tidak terlalu besar.

Salah satu bentuk usaha warung makan adalah bisnis warung makan prasmanan. Hal ini memberikan keleluasaan bagi para pengunjung untuk mengambil sendiri menu makanan yang mereka inginkan. Mereka juga mengetahui seberapa banyak porsi yang mereka butuhkan.

Bisnis Warung Makan Sederhana

Sebelum memulai menjalankan bisnis warung makan sederhana, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Hal ini umumnya merupakan bagian penting yang biasa dilakukan di saat memulai sesuatu bisnis. Hal ini juga menjadi pertimbangan dari para pebisnis kuliner baik yang sudah besar maupun yang kecil.

Berikut tips bisnis warung makan.

1. Jenis Masakan

Menurut pengakuan dari berbagai pengalaman dari pelaku bisnis warung makan yang telah sukses menjalankan usaha di bidang ini, jenis makanan adalah faktor terpenting. Hal ini diwakili oleh citra rasa masakan yang Anda tawarkan. Ibaratnya, ini adalah nyawa dari bisnis ini. Siapa yang mau membeli makanan yang tidak ada kenikmatan di dalamnya. Walaupun itu di warung kecil pun apalagi di jual dengan harga mahal.

2. Survei Pasar

Apakah Anda ingin menjual masakan yang bercitra rasa manis di daerah yang pada umumnya masyarakatnya lebih menyukai masakan yang bercitra rasa asin?. Atau menjual masakan jenis western food kepada masyarakat di desa yang belum tentu dari segi lidah cocok?. Pelajari dan perhatikan di sekitar Anda, seperti kharakteristik para konsumen.

3. Lokasi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa posisi menentukan keberhasilan. Dalam hal ini posisi/lokasi memulai bisnis warung makan memang salah satu faktor keberhasilan. Biasanya lokasi yang strategis dan mudah dijangkau akan menguntungkan dan memudahkan calon pembeli. Tetapi jika lokasi tersebut tidak diiringi dengan 2 (dua) faktor di atas, maka warung Anda hanya menjadi estalase yang menghiasi pinggir jalan.

4. Bahan Baku

Ketersediaan bahan baku sangat penting untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda. Pastikan bahwa Anda punya stok atau persediaan, dan hitung berapa bahan baku yang dibutuhkan setiap harinya. Hal ini juga melatih kemampuan perencanaan bisnis Anda.

5. Dana

Siapkan dana dengan perhitungan selama 3 (tiga) bulan. Pastikan semua pengeluaran tercatat begitu pula pendapatan. Jika Anda masih terkendala dengan modal, sesungguhnya memulai bisnis warung makan dengan modal kecil merupakan awal yang baik.

Selain beberapa faktor yang telah disebutkan di atas, perlu juga diciptakan suasana yang nyaman dan perlu di jaga kebersihan dan keramahan dalam memberikan pelayanan. Hal ini dapat memberikan nilai tambah di mata konsumen agar mereka betah dan mau berkunjung kembali. Tentunya hal ini akan membuat bisnis warung makan sederhana Anda menjadi terkenal dan semakin banyak pengunjung yang ingin mencoba masakan di warung makan Anda.

 

Bisnis Warung Makan Sederhana, Tips dan Modal Usaha | admin | 4.5