Memulai Usaha Tanpa Modal
Memulai Usaha Tanpa Modal

Tips dan Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

By On Sunday, January 21st, 2018 Categories : Peluang Usaha, Tips Bisnis

Apakah memulai usaha tanpa modal memungkinkan? Mungkin jika pertanyaan tersebut dihadapkan kepada para pelaku bisnis, ada yang menjawab setuju dan adapula yang menjawab tidak setuju. Perbedaan jawaban tersebut bisa saja muncul dikarena pengalaman para pelaku usaha selama mengarungi dunia bisnis. Jika Anda merupakan bagian dari yang menjawab tidak setuju terhadap memulai bisnis tanpa modal. Ada baiknya untuk membaca tulisan ini hingga selesai.

Memulai usaha tanpa modal sesungguhnya bukan perkara yang sulit atau bahkan tidak masuk akal. Yang diperlukan adalah ide dan kreatifitas. Kedua hal inilah sesungguhnya merupakan kunci dari keberhasilan dari cara memulai usaha tanpa modal. Selain itu pula perlu kerja keras yang lebih besar agar rencana bisnis yang telah dibuat dapat berjalan semestinya. Untuk itu cobalah dengan bisnis skala kecil terlebih dahulu seperti memulai bisnis sampingan tanpa modal.Memulai Usaha Tanpa Modal

Memulai Usaha Tanpa Modal – Tips dan Caranya

Berikut tips dan caranya memulai usaha tanpa modal yang perlu Anda ketahui:

1. Buat proposal usaha yang menarik investor

Ujung tombak agar bisa menjalankan usaha tanpa modal adalah membuat proposal usaha semenarik mungkin. Para pemilik modal tidak sekedar menggunakan feeling atau intuisi mereka dalam menerima ataupun menolak sebuah bisnis, mereka membutuhkan lebih dari sekedar proposal biasa untuk memastikan ide dan konsep usaha yang Anda rancang benar-benar berjalan dan menjadi sebuah keuntungan bagi pemiliki modal. Pastikan sebelum mengajukan proposal tersebut, perlu adanya sedikit riset mengenai prediksi perkembangan bisnis tersebut 5 hingga 10 tahun kedepan. Sebuah langkah kecil untuk memulai usaha tanpa modal uang.

2. Temukan partner yang tepat

Anda sudah memiliki proposal usaha yang diincar oleh banyak pemilik modal/investor. Tetapi Anda ragu, apakah benar investor tersebut akan bersungguh-sungguh untuk mengeluarkan dana usaha untuk mendukung proposal bisnis Anda? Atau malah mereka akan mencuri ide Anda dan meninggalkan begitu saja. Untuk itu carilah partner atau rekan usaha yang mempunyai komitmen untuk mendukung ide dan rencana bisnis yang telah Anda buat. Anda bisa melihat track record dari investor tersebut sebelum “deal” dan melakukan “kontrak kerjasama”.

3. Jalin Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik merupakan sebuah softskill yang sangat berguna untuk mendukung proses berjalannya bisnis. Komunikasi tersebut diperlukan bukan hanya kepada para konsumen tetapi perlu juga kepada para pemilik modal. Investor wajib tahu perkembangan bisnis mereka atas modal yang mereka tanamkan. Mereka ingin tahu sejauh mana modal yang mereka berikan digunakan untuk keperluan pengembangan usaha.

4. Jaga Kepercayaan

Kepecayaan adalah simbol dari dunia bisnis. Tanpa adanya dua orang yang saling mempercayai satu sama dengan lain, seperti penjual dan pembeli, maka tidak akan pernah terbentuk namanya jual-beli atau perdagangan. Pastikan kepercayaan yang telah dibangun dapat dijaga dan sebagai pembuktiannya adalah kelancaran usaha dan tentunya keuntungan yang didapatkan.

Contoh-contoh bisnis atau peluang usaha memulai usaha tanpa modal seperti peluang bisnis tanpa modal dengan membuat website perusahaan dan menawarkan kepada pengusaha yang mempunyai bisnis yag sesuai dengan tema website, berjualan online dengan sistem dropship, menyewakan lahan kosong untuk dijadikan tempat usaha, serta menjadi konsultan atas keahlian yang dimiliki. Peluang usaha tanpa modal tersebut dapat dikembangkan dan digali lebih dalam lagi seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa ide dan kreatifitas adalah kunci keberhasilannya.

Tips dan Cara Memulai Usaha Tanpa Modal | admin | 4.5